5 Penyebab Motor Brebet dan Solusinya yang Perlu Anda Perhatikan

Penyebab motor brebet menjadi permasalahan yang biasa terjadi. Kemungkinan besar diakibatkan komponen yang memiliki usia tua, sehingga perlu diganti. Maka dari itu, servis berkala berada di bengkel perlu sekali untuk Anda lakukan.

Motor brebet biasanya akan terjadi ketika Anda melakukan penarikan pada gas kemudian tersendat. Hal tersebut mengganggu sekali pada kenyamanan ketika Anda sedang berkendara. Untuk itu, berikut ini penyebab dari motor brebet.

5 Penyebab Motor Brebet dan Solusinya yang Perlu Anda Perhatikan
suzuki.co.id

Beberapa Penyebab Motor Brebet yang Biasa Terjadi

Ketika mengendarai motor dengan aman, menjadi keinginan banyak orang. Akan tetapi, kendaraan motor seringkali mengalami masalah. Salah satunya seperti brebet ketika digas pada rpm tinggi ataupun rendah. Hal tersebut menandakan, ada yang tidak beres pada sistem pembakaran mesin di motor Anda.

Kerusakan motor memang hal biasa dialami. Terlebih pada motor yang sering dipakai. Namun, hal tersebut bukan menjadi alasan untuk Anda membiarkan begitu saja ketika motor brebet tanpa mengatasinya.Untuk itu berikut ini, beberapa yang menjadi penyebab motor brebet.

Bahan Bakar Tak Sesuai

Menjadi penyebab utama yaitu penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai pada standar yang telah ditetapkan oleh pabrikan. Umumnya, setiap pabrikan telah menetapkan standar secara khusus yang telah sesuai dengan mekanisme dari mesin. Hal tersebut bertujuan supaya sepeda motor menjadi lebih optimal dalam bekerja.

Untuk mengetahuinya, Anda dapat melihat buku panduan yang tersedia ketika Anda membeli motor bau. Biasanya pengguna sepeda motor tidak memperhatikan jenis bahan bakar yang telah disarankan pabrikan. Maka hal tersebut dapat membuat motor menjadi bermasalah. Jadi, solusinya yaitu Anda dapat menggunakan bahan bakar yang telah sesuai dari anjuran pabrikan.

Filter Udara Kotor

Kotor atau tidak berfungsinya filter udara juga menjadi penyebab motor bermasalah. Pasalnya, filter udara berfungsi untuk menyaring udara yang akan masuk ke dalam ruang pembakaran mesin. Agar kotoran atau debu tidak masuk ke dalam ruang tersebut. Dengan demikian, pembakaran mesin lebih sempurna.

Namun jika filter udara rusak atau kotor, maka akan membuat tarikan gas menjadi lebih berat serta dapat mengakibatkan motor brebet. Adapun solusinya yaitu dengan melakukan servis secara rutin terhadap filter udara.

Busi Rusak

Busi juga bisa menjadi salah satu penyebab motor brebet pada rpm tinggi. Hal tersebut dikarenakan busi tidak menciptakan percikan api guna melakukan pembakaran terhadap mesin. Keadaan busi yang kotor atau mulai merenggang bisa menjadi alasan mengapa motor brebet ketika digas.

Adapun ciri-ciri busi yang sudah mulai rusak yaitu terlihat berwarna kehitaman. Apabila kotor, maka Anda dapat mencoba untuk membersihkan kemudian memasangnya kembali. Akan tetapi, apabila di stater masih mati, amak busi kemungkinan bisa mati atau tidak dapat digunakan kembali.

Busi yang telah mati, tidak dapat menyalakan api maka pembakaran pada mesin tidak dapat terjadi. Jika busi telah mati solusinya yang dapat Anda lakukan yaitu mengganti dengan yang baru Maka percikan api dapat tercipta di ruang pembakaran.

Setelan Klep Renggang

Motor brebet juga dapat diakibatkan oleh setelan klep yang mulai merenggang. Setelan tersebut renggang dikarenakan masa pemakaian dari motor. Klep yang mulai merenggang atau mengalami pergeseran akibat dari putaran mesin yang terjadi secara terus menerus.

Dalam hal ini, dapat Anda ketahui sejak awal apabila rutin melakukan perawatan motor ke bengkel yang resmi. Pasalnya teknisi akan melakukan setelan ulang klep, sehingga kinerja motor Anda akan kembali normal. Akan tetapi, jika jarang melakukan servis maka penyebab motor brebet dapat dikarenakan masalah setelan klep yang mulai merenggang.