Penyebab Rem Mobil Bergetar dan Solusi untuk Mengatasinya

Penyebab rem mobil bergetar sangat penting untuk Anda pahami. Pasalnya, guncangan atau getaran pada rem mobil bisa menjadi pengalaman yang mengkhawatirkan sekaligus mengganggu. Apalagi ketika sedang berkendara jarak jauh di medan yang cukup sulit.

Penyebab Rem Mobil Bergetar
Pixabay.com

Penyebab Rem Mobil Bergetar dan Cara Mengatasinya

Penggunaan rem mobil yang efektif dan aman sangat penting bagi keamanan pengendara maupun penumpang. Namun, seringkali pengemudi mengalami masalah ketika menginjak pedal rem dan mulai merasakan getaran atau guncangan.

Bergetarnya komponen tersebut bisa menimbulkan ketidaknyamanan, merusak performa pengereman, bahkan berpotensi mengancam keamanan berkendara. Supaya lebih waspada, berikut ini kami berikan beberapa penyebab rem mobil bergetar, lengkap dengan sejumlah solusi untuk mengatasinya.

1. Piringan Rem Bengkok

Salah satu pemicu umum rem mobil bergetar adalah piringan yang bengkok. Bengkoknya piringan rem bisa terjadi karena beberapa hal. Seperti panas berlebih hingga memicu lengkungan pada piringan rem, atau ketidakseimbangan ketika memasang komponen tersebut.

Untuk mengatasinya, Anda harus lebih dulu mencermati komponen piringan rem. Jika pemasangannya tidak tepat, cukup lakukan pengulangan untuk membenarkan posisinya. Namun apabila terjadi lengkungan yang cukup parah, maka solusinya adalah mengganti dengan piringan baru.

2. Kaliper Rem Menggantung atau Macet

Kaliper menjadi bagian penting dalam sistem pengereman. Apabila kaliper macet, menggantung bahkan terjepit, tekanan pada cakram rem tidak merata. Hal inilah yang akhirnya menjadi penyebab rem mobil bergetar atau mengakibatkan guncangan ketika pedalnya diinjak.

Solusi untuk masalah ini adalah membersihkan atau mengganti kaliper rem yang tidak berfungsi dengan baik. Pastikan memasang komponen baru dengan benar, supaya mampu memberikan kinerja yang optimal.

3. Cakram Rem Aus

Getaran rem mobil juga bisa terjadi karena cakram rem yang sudah aus. Seiring berjalannya waktu, gesekan dan panas akibat pengereman tentu memicu keausan pada permukaan cakram. Hal ini akan semakin parah jika mobil tidak mendapatkan perawatan optimal.

Untuk melakukan perbaikan, cobalah meneliti secara cermat apakah bagian cakram sudah terpasang dengan sebagaimana mestinya. Mengingat posisi cakram yang kurang tepat bisa memperparah guncangan.

Bersihkan kotoran atau karat di antara cakram dan bantalan rem. Namun jika kondisi ausnya sudah sangat parah, maka perlu melakukan penggantian cakram baru.

4. Ban Bengkok atau Tidak Seimbang

Kesalahan dalam memasang ban bisa membuat posisinya menjadi bengkok atau tidak seimbang. Hal ini sangat perlu Anda waspadai. Karena selain menjadi penyebab rem mobil bergetar, ban tidak seimbang juga membahayakan aktivitas berkendara. Solusinya adalah memeriksa ban yang bengkok, sekaligus melakukan penyeimbangan ulang secara keseluruhan.

5. Masalah pada Sistem Suspensi

Komponen suspensi yang tidak berfungsi dengan baik, akan mempengaruhi stabilitas pengereman sekaligus menyebabkan getaran. Solusi untuk masalah ini adalah memeriksa dan mengganti komponen suspensi yang sudah rusak supaya kinerjanya kembali optimal.

Itulah beberapa penyebab rem mobil bergetar yang perlu Anda waspadai. Lengkap dengan solusi untuk mengatasinya. Jika tidak memiliki pengetahuan mendalam tentang otomotif, upayakan untuk mempercayakan kebutuhan kepada teknisi berkualitas.