Tips Merawat Motor Kopling Supaya Performanya Tetap Terjaga

Ada beberapa tips merawat motor kopling yang cukup efektif dalam menjaga supaya bisa awet dan tetap berkualitas. Beberapa tips ini tentunya cukup mudah untuk dilakukan, sehingga tidak akan membuatmu kerepotan. Kamu ingin tahu apa saja tips-tipsnya? Nah, langsung saja intip berikut ini.

tips merawat motor kopling
pinterest

Sejumlah Tips Merawat Motor Kopling

Seperti kendaraan roda dua pada umumnya, motor kopling juga membutuhkan perawatan yang ekstra. Nah, dalam perawatan tersebut bisa dimulai dari para pemiliknya dan seberapa rajinkah mereka. Dengan begitu, tentu motor kopling tersebut akan tetap awet dan juga tidak mudah rusak saja.

Lantas bagaimana cara merawatnya? Mungkin bagi sebagian orang merasa sudah sangat ahli dalam merawat motor. Namun untuk beberapa orang juga harus bingung dan mulai dari mana. Maka dari itu, supaya kamu tidak bingung, berikut ini tips-tipsnya.

1. Rajin Mengganti Oli

Seperti yang kita ketahui, semua kendaraan roda dua juga harus rajin diganti olinya secara berkala, tak terkecuali motor kopling. Sebab, jika tidak rutin diganti, tentu akan menjadi kental serta keruh, sehingga kinerja mesin motor jadi tidak maksimal. Namun, ketika kamu rutin menggantinya, tentu oli ini akan tetap bersih serta bisa membantu memperhalus gesekan antar mesin pada motor, sehingga ketika digunakan, mesinnya akan terasa lebih lembut.

2. Harus Rajin dalam Mengecek Mesin dan Fitur-fiturnya

Tips merawat motor kopling berikutnya yaitu dengan rajin melakukan pengecekan seputar mesin. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya masalah yang tiba-tiba terjadi saat motor kopling tersebut dikendarai di dalam perjalanan. Pada bagian kinerja kopling pada motor ini juga harus maksimal, supaya ketika ingin melakukan pemindahan gigi serta saat melaju, motor ini akan bekerja dengan stabil.

3. Pakai Bahan Bakar yang Sesuai dan Berkualitas

Perlu kamu ketahui juga, pemilihan penggunaan bahan bakar pada kendaraan juga terbilang cukup penting. Mengapa demikian? Sebab, semakin tinggi nilai kompensasi pada sebuah motor (salah satunya motor kopling), maka memerlukan bahan bakar yang mempunyai oktan tinggi.

Jadi, apabila pengisian bahan bakar tidak sesuai, maka dapat memicu performa motor menjadi menurun. Maka dari itu, pastikan kamu mengisi bahan bakar pada motor kopling kamu yang berkualitas.

4. Cek Berkala Pergerakan Tuas serta Kabel Kopling

Hal yang tidak boleh ketinggalan ketika ingin memastikan motor kopling kamu bekerja dengan maksimal yaitu memastikan pergerakan tuas serta kabel koplingnya. Sebab, adakalanya mesin motor kopling tersebut membutuhkan cara manual yang notabennya mempunyai tarikan lebih berat.

Biasanya hal tersebut dipicu karena kabel kopling mengalami kekeringan. Maka dari itu, kamu harus mengatasinya atau mencegahnya sebelum terjadi dengan cara melakukan pengecekan secara berkala.

Jadi, itulah sejumlah tips merawat motor kopling yang bisa kamu terapkan. Nah, kesimpulannya yaitu jika ingin motor kopling kamu tetap awet dan kinerjanya stabil, pastikan selalu merawatnya dengan rajin dan benar. Dengan begitu, performa motor kamu akan tetap maksimal dan stabil.